Cara Membuat Buku Besar Perusahaan Jasa, Inilah Kuncinya!!

Seringkali para siswa kebingungan ketika membuat buku besar perusahaan jasa, padahal sebenarnya cara membuat buku besar perusahaan jasa sangatlah mudah, jika anda tahu kuncinya. Jadi dengan memahami konsep dasar buku besar yang benar maka anda akan lebih mengerti bagaimana posting ke buku besar dengan tepat.

Nah, sekarang langsung saja kita masuk poin pembahasan materi Pengantar Akuntansi khususnya, cara membuat buku besar atau cara posting jurnal umum ke buku besar.

Cara Membuat Buku Besar Perusahaan Jasa

Sebelum mulai praktik membuat buku besar, maka saya sampaikan dulu, bahwa input atau sumber dalam membuat buku besar perusahaan jasa ini adalah jurnal umum perusahaan jasa, jadi dalam membuat buku besar kita menggunakan data keuangan yang telah dicatat dalam jurnal umum.

Nah, setelah tahu bahwa sumber pembuatan buku besar adalah jurnal umum, maka sekarang untuk membuat buku besar, silahkan anda perhatikan dulu salah satu transaksi yang telah dicatat dalam jurnal umum berikut ini ya :

jurnal umum perusahaan jasa

Berdasarkan Jurnal umum di atas, terlihat bahwa dalam jurnal umum tersebut tercatat akun kas pada posisi debit dan akun kas ada posisi kredit. Dengan kolom referensi masih kosong, mengapa kosong? Karena jurnal umum tersebut belum diposting ke buku besar.

Cara Posting Jurnal Umum Ke Buku Besar

Nah, sekarang untuk proses posting jurnal umum ke buku besar silahkan anda simak dengan baik gambar cara membuat buku besar perusahaan jasa berikut ini :

Posting jurnal umum ke buku besar

Berdasarkan gambar cara posting jurnal umum ke buku besar atau gambar cara membuat buku besar di atas, maka terlihat bahwa, sumber pembuatan buku besar yaitu jurnal umum, dalam artikel ini di contohkan jurnal umum untuk pembelian peralatan secara tunai sebagaimana yang terlihat dalam jurnal yaitu posisi debit peralatan dan posisi kredit kas.

Dengan memperhatikan jurnal umum tersebut, maka anda akan melihat ada dua akun yang tercatat yaitu akun kas dan akun peralatan, sehingga buku besar yang dibuat ada dua yaitu buku besar kas dan buku besar peralatan.

Langkah-langkah cara membuat buku besar

Tahap pembuatan buku besar perusahaan jasa sebagaimana terlihat dalam gambar di atas, terdiri dari 5 langkah mudah yaitu :

  1. Mencatat tanggal (waktu ) dalam buku besar sama seperti tanggal pada jurnal umum
  2. Mengisi kolom keterangan pada buku besar dengan nama akun yang menjadi penyebab bertambah atau berkurangnya saldo buku besar. Dalam gambar di atas, terdapat 2 buku besar yaitu buku besar kas dan buku besar peralatan. Pada buku besar kas, dalam kolom keterangan tertulis keterangan “Peralatan” hal ini karena sesuai dengan jurnal umum yang menyebabkan saldo kas berkurang (terlihat kas ada di posisi kredit) adalah peralatan sehingga dalam kolom keterangan buku besar di tulis peralatan.
  3. Mengisi Kolom referensi buku besar, kolom ini ditulis sesuai dengan halaman jurnal umum, dalam gambar proses posting buku besar di atas, jurnal umum yang akan diposting ada di halaman 01, sehingga dalam buku besar kolom referensi ditulis JU 01.
  4. Mengisi Kolom debit atau kredit pada buku besar, kolom ini ditulis sesuai jurnal umum. Apabila dalam jurnal umum saldonya ada di debit maka dalam buku besar juga harus di debit begitu juga sebaliknya, dalam contoh di atas, saldo kas pada jurnal umum ada di kredit sehingga dalam buku besar juga harus di posisi kredit dengan jumlah yang sama sebagaimana tercatat dalam jurnal umum.
  5. Mengisi Kolom referensi pada jurnal umum, setelah jurnal umum diposting maka kolom referensi pada jurnal umum harus diisi dengan kode akun dari akun buku besar yang bersangkutan.

Demikianlah pembahasan tentang cara membuat buku besar perusahaan jasa, semoga setelah anda membaca artikel akuntansi ini dengan baik anda semakin paham dalam posting buku besar. Jadi dapat disimpulkan bahwa kunci dalam membuat buku besar yaitu kita catat data keuangan yang ada dalam jurnal umum APA ADANYA ke dalam Buku Besar. Mengapa saya bilang apa adanya? Karena kita mencatat tanggal (waktu), posisi debit dan kredit, jumlah saldo semua sesuai atau sama persisi dengan jurnal umum.

  • Add Your Comment